.
.

Pantai Cantik yang Tersembunyi di Bali

Anda tak harus tenggelam dalam hiruk pikuk Pantai Kuta, Legian, atau Seminyak ketika berlibur di Bali. Pulau Dewata ini masih memiliki sejumlah pantai cantik nan tersembunyi. Keindahannya sudah pasti, patut diacungi jempol kanan kiri!

Dari 2,5 juta turis domestik dan mancanegara yang silih berganti, tentunya agak sulit bagi Anda untuk menemukan tempat yang tenang dan jauh dari keramaian. Betapa tidak, pantai-pantai di Bali memang terkenal seantero dunia. Katanya, saat-saat matahari terbenam di pulau ini adalah satu dari banyak momen yang harus diabadikan.

Banyak orang memang menggemari keramaian ini, berbaur dengan para turis lain maupun tenggelam dalam keramahan masyarakat lokal. Tapi bagaimana jika Anda ingin sejenak mengheningkan cipta, mendatangi pantai-pantai yang tak banyak diketahui orang?

Pergi ke pantai tersembunyi adalah jawabannya. Namun, bagaimana Anda tahu bahwa pantai itu memiliki pemandangan yang menawan? Itulah mengapa situs cnngo.com pada Senin (9/1) merangkum 5 pantai cantik yang tersembunyi di Bali:

1. Pantai Balangan
Pantai Balangan (hoteldomestik.com)

Ketika Pantai Dreamland sudah dipenuhi resor dan tak lagi sepi, para peselancar melangkahkan kaki mereka ke Balangan. Hamparan pasir putih terbentang, bersih dan hampir tak ada sampah. Warung-warung di sepanjang tepinya menyajikan mie instan, bir dingin, juga menyewakan kursi berjemur.

Aktivitas yang bisa dilakukan di sini tentu saja berselancar, karena ombak yang menabrak tepian pantainya serupa dengan Dreamland. Anda juga bisa berenang, bermain pasir, atau berjemur di kursi untuk menikmati pemandangan indah. Namun berhati-hatilah, karena terdapat karang di beberapa tempat. Reef shoes/sepatu khusus sebaiknya digunakan.

Dari Kuta, ambillah arah menuju Bypass Ngurah Rai hingga lewat Nusa Dua, lalu belok ke arah Uluwatu 10 menit kemudian. Siapkan kedua mata Anda dalam kondisi awas akan adanya papan penunjuk jalan ke arah Balangan.

2. Pantai Geger
Pantai Geger (balitravelerguide.com)

Jika Anda mengutamakan agenda berenang saat liburan, inilah pantai pertama yang harus ada dalam daftar. Hanya lima menit perjalanan dari Nusa Dua Golf Course, Pantai Geger akan menyambut Anda dengan gradasi warna air biru kehijauan. Ombaknya tak besar sehingga nyaman untuk aktivitas renang. Pantai ini juga berada di sebelah St. Regis Nusa Dua Resort.

Pasir pantainya berwarna cokelat muda, halus dan padat, memungkinkan Anda bermain voli pantai atau arena balap lari bagi anak-anak. Beberapa restoran terletak tak jauh dari sini, yang terkenal sebagai tempat 'sunday brunch' bagi para turis.
Jika beruntung, Anda bisa menemui para penghasil rumput laut bekerja di sebuah area antara Kafe Geger dan Kuil Geger.

Belum cukup? Baiklah, satu keuntungan lain. Geger adalah salah satu pantai yang memperbolehkan para turis berjemur secara 'topless'.

3. Pantai Bias Tunggal
Pantai Bias Tunggal (karangasemcraft.com)

Biasa disebut juga Pantai Kecil. Tempat ini sangat jarang didatangi kecuali oleh para turis petualang dan beberapa penjaga warung yang berdagang di sana. Walaupun berlokasi dekat dengan Padang Bai, Anda harus berjalan kaki dengan trek berbatu sepanjang 500 meter untuk mencapai bibir pantainya. Trek dimulai dari terminal kapal ferry Padang Bai.

Namun, apa yang akan menyambut Anda di ujung sana adalah spektakuler. Laut dengan gradasi warna putih-biru muda-biru tua memenuhi seluruh sudut mata. Dipercantik dengan pasir putih nan halus serta deretan pohon kelapa.

Dari titik terpencil ini, Anda bisa melihat kapal-kapal yang masuk dan keluar dari Padang Bai. Pantai ini memang memungkinkan untuk berenang, namun berhati-hatilah karena ombak bisa sewaktu-waktu tinggi. Aktivitas terbaik untuk dilakukan di pantai ini adalah, diam menikmati panorama indah ciptaan Tuhan.

4. Pantai Ungasan
Pantai Ungasan (tripadvisor.com)

Pantai ini terletak di wilayah paling selatan Pulau Bali, yang juga didaulat sebagai salah satu pantai tercantik. Anda bisa menyambangi tempat ini menggunakan taksi. Sayangnya, tak semua orang bisa menikmati keindahan pantai ini. Pilihan di tangan Anda, apakah mau menikmati Pantai Ungasan dengan menginap di Karma Kandara Resort, atau Banyan Tree Resort yang persis berdiri di sebelahnya.

Namun, cara terbaik untuk menikmati pantai ini adalah dengan menghabiskan hari Anda di Nammos Beach Club yang terkenal di Pulau Dewata. Anda hanya perlu membayar Rp 250.000 sebagai tiket masuk, yang bisa digunakan sepenuhnya untuk membeli makanan dan minuman.

Pantai di sini akan mengingatkan Anda pada pesisir Mediterania. Ombaknya yang tak terlalu besar menghantam permukaan pasir dengan cantiknya, membentuk sebuah pola indah. Waktu yang tepat untuk berenang adalah jam sebelum makan siang, ketika ombak sedang kecil sehingga Anda bisa memutari terumbu karang.

Lewat dari jam itu, Anda sebaiknya menikmati keindahan ini di kursi berjemur sambil menyeruput koktail segar.

5. Pantai Amed
Pantai Amed (belindaschneider.wordpress.com)

Jika menggunakan kendaraan pribadi dari arah Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, bertolaklah ke arah timur Desa  Culik yang ada di jalan utama Karangasem-Singaraja. Setelah dua jam berkendara, Anda akan disambut oleh pasir vulkanis yang berwarna kehitaman. Di sepanjang pantainya, terdapat banyak perahu tradisional yang biasa digunakan warga untuk memancing ikan.

Mungkin harapan Anda akan berselancar kandas seketika. Tapi tunggu dulu, Pantai Amed dikenal dengan titik penyelaman yang terjaga keasliannya. Letaknya di dekat Pantai Lipah dan Tulamben. Selain diving, Anda juga bisa melakukan snorkeling untuk menikmati keindahan bawah lautnya.

Amed adalah pantai di mana Anda menemukan kehidupan bahari masyarakat Bali, dengan mata pencaharian nelayan dan penghasil garam laut. Jika malam tiba, coba telusuri bibir pantai dan nikmati langit yang hampir selalu bertabur bintang.

Popular Posts

Cari halaman terkait

Apian mblakrax hunting edelweis. Diberdayakan oleh Blogger.
Powered By Blogger